Pulau Tanjung Putus
Introduksi
Fasilitas
Aksestransport
Pulau Tanjung Putus merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Pasawaran, Teluk Lampung, Provinsi Lampung. Pulau ini masih satu deret dengan Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang. Pulau Tanjung Putus merupakan pulau cantik dengan panorama yang indah. Pulau ini disebut dengan Tanjung Putus karena konon dahulunya pulau ini menyatu dengan Pulau Sumatera. Namun karena erosi sebagian tanahnya tertutup dengan air laut dan menjadi selat kecil.
Pulau Tanjung Putus mempunyai pantai yang cukup landai. Air lautnya berwarna biru jernih dengan beberapa karang di dalamnya. Hamparan pasir pantainya berwarna putih kecoklatan dan bersih. Tak hanya itu barisan pohon kelapa juga turut menambah pesona pantai.
Para pengunjung bisa berenang, bermain perahu, menyelam ataupun hanya sekedar bersantai menikmati keindahan di pantai ini. Pulau ini memang digunakan sebagai tempat budidaya ikan laut serta terumbu karang. Ingin bermain bersama ikan-ikan ini? Cukup lempar beberapa potong roti, dan ikan-ikan kecil berwarna-warni dengan berbagai jernis akan langsung muncul ke permukaan. Namun jangan harap Anda akan diperbolehkan memancing di kawasan ini.
Saat ini Pulau Tanjung Putus sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Berbagai fasilitas wisata seperti penginapan atau cottege juga sudah tersedia di sini. Tak hanya itu di dalam cottage yang disediakan pun terdapat tempat untuk karaoke serta tempat untuk makan.
Untuk menuju ke Pulau Tanjung Putus :
Terlebih dahulu Anda harus ke menuju ke Kampung Ketapang yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Bandar Lampung dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan pribadi atau sewa.
Dari Kampung Ketapang ini kita bisa menyewa perahu motor untuk menyeberang menuju ke Pulau Tanjung Putus. Biaya sewa perahu sekitar Rp 400.000 untuk pulang pergi.
................................................................................................
Sumber : http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/bandar_lampung/458-pulau_tanjung_putus_.html

Di sini merupakan tempat untuk menginap satu malam. Jarak antara Tanjung Putus dengan pulau-pulau di depannya sangat dekat sekali hanya dipisahkan oleh keramba-keramba apung nelayan. Kaget melihat kondisi underwater di Tanjung Putus ini. Dari tempat kapal bersandar di pinggir pantai langsung terhampar karang-karang rapat. Harus agak hati-hati jika turun kapal di sini. Sudah sore dan visibilitas agak keruh sedikit tapi lumayan bagus untuk ukuran underwater di depan penginapan. Jadi tidak usah jauh-jauh kalau mau snorkling langsung di depan penginapan bisa langsung nyebur.
Kondisi terumbu karang di depan penginapan Tanjung Putus
Penginapan di Pahawang
Penginapan di Tanjung Putus
Tepat tidak jauh dari tempat menginap kami, terdapat lokasi snorkling yang kece banget. Lokasinya di depan persis salah satu penginapan dan dive center (Corona Dive Center). Dengar informasi bahwa penginapan ini merupakan penginapan paling bagus di area Tanjung Putus, kamar AC ada air panasnya sampai tempat karaoker juga ada dan di depan penginapannya langsung ada spot snorkling yang bagus. Pas nyebur langsung di sambut schooling ikan Scaridae (Parrotfishes) dan Siganidae (Rabbitfishes) yang sedang makan pagi. Yeah it’s feeding time for herbivores. Untuk jenis ikan di spot ini lebih beragam, rata-rata jenis ikan herbivore. Tentunya anemon dan clownfish (ikan nemo) banyak juga di sini. Saya menemukan beberapa jenis ikan dari Famili Chaetodonidae (Butterflyfishes) antara lain Heniochus diphreutes, Heniochus varius, dan Heniochus chrysostomus yang asik berenang dengan pasangannya.
Pemandangan selama menuju Tanjung Putus
Pemandangan selama menuju Tanjung Putus
Penginapan 'Mewah' di Tanjung Putus
Penginapan ‘Mewah’ di Tanjung Putus
Freedive di Tanjung Putus, karang super rapet
Freedive di Tanjung Putus, karang super rapet
underwater pahawang
Itu sepertinya reaksi saya bisa teriak di dalam air ketika melihat tidak hanya satu kima yang besar tapi hamparan padang kima yang banyak sekali. Ukuran tubuhnya tidak main-main memiliki diameter hampir 30 cm bahkan lebih. Awalnya saya tidak begitu ‘ngeh’ ketika itu hanya melihat satu kima yang mencolok mata saya warnanya. Ternyata di sekelilingnya banyak sekali kima yang terhampar tidak hanya di balik karang sampai di hamparan pasir nya pun banyak sekali kima. Jenis kima di sini rata-rata adalah spesies Tridacna squamosa tetapi jenis ini memiliki variasi warna yang beragam. Tidak usah jauh-jauh snorkling di wilayah timur Indonesia, di Lampung juga bisa bertemu kima-kima raksasa ini. Usut punya usut ternyata semua kima yang ada di spot ini ditanam atau mungkin di pelihara oleh pemilik penginapan di area ini. Wah investasi yang begitu besar yah, asal jangan di rawat tapi untuk dimakan ujung-ujungnya, bisa bahaya ini.
Tridacna squamosa
Tridacna squamosa
Jenis variasi lain Tridacna squamosa
Jenis variasi lain Tridacna squamosa

...................................................................................................
Sumber : https://mprito.wordpress.com/2014/03/14/pahawang-tanjung-putus-surga-underwater-di-lampung/

0 comments:

Post a Comment

 
Top